Share yang saya ketahui dari berbagai sumber, semoga bermanfaat bagi anda!

Rangkuman Novel High School Paradise “Surganya Anak SMA”

Karya : Tira Ambarwati


            Matahari bersinar cerah dan angina bertiup semilir ketika Lando mematikan rokok. SMA Athens memang sekolah elit, terdapat banyak siswa. Tetapi masih ada satu yang kurang disekolah elit ini, sehingga para siswa yang lain sering melakukan pelanggaran. Tidak adanya ekskul sepak bola di SMA Athens membuat ke empat cowok keren disekolah elit itu selalu membuat ulah. Landa, Rama Sid, dan Cokie ke empat cowok keren itu selalu membuat ulah, sehingga membuat Gozali salah seorang guru yang sering menghukum ke empat cowok keren itu bosan menghukum dan bertatap muka kepada ke empat cowok keren itu. Selama dua tahun, Lando, Rama, Sid, dan Cokie selalu dating terlambat ke sekolah. Sebelum ke empat cowok itu berangkat ke sekolah mereka bermain sepak bola di lapangan yang tidak berada jauh dari SMA Athens.
            Ke empat anak paling top di SMA Athens itu melakukan protes kepada guru olah raga mereka yang terkenal galak. Gozali atau yang biasa mereka panggil Godzilla. Berhasil ???? Ternyata tidak, hukuman Gozali malah semakin menjadi-jadi, mulai dari yang berat sampai yang malu-maluin. Mulai dari keeling lapangan, mengepel semua ruangan yang ada di SMA Athens sampai harus mungutin sampah satu sekolah. Hari ini ke empat cowok itu dating telat lagi. Mereka masih melakukan ritual paginya, yaitu bermain bola sampai melewati batas waktu masuk sekolah. Gozali masih dengan setia menunggu mereka dilapangan upacara, begitu ke empat anak itu bergerak mendekatinya, Gozali melemparkan senyuman manis.

            “Selamat pagi anak-anak. Jadi, sudah siap dengan hukuman kalian pagi ini?” dank e empat anak itu menggumam tak jelas. Ke empat anak itu mengikuti perintah Gozali dan berkumpul di depannya untuk mendapatkan nasihat seperti biasa. Baru ketika ke empat anak itu menatap Gozali yang hendak berbicara, mata guru itu melebar ke arah gerbang. Seorang gadis yang berlari-lari kea rah mereka, empat anak laki-laki itu menatap gadis yang sepertinya juga telat karena masih membawa-bawa ransel. Akhirnya Gozali menghukum ke empat anak cowok itu dan bertambahkan satu anggota lagi seorang cewek yang terlambat.

Sudah lima hari ini Julia selalu terlambat dating sekolah. Lupakan perjanjian dengan Gozali yang tak kan mengulanginya lagi. Julia selalu mengulanginya sampai Gozali heran. Lando, Rama, Sid, dan Cokie mendapat tantangan yang harus ditambah usaha mereka yang harus nolongin cewek yang terancam drop-out. “Jadi sementara ini proyek kita diganti dulu ceritanya ?” Tanya Cokie sambil menghirup late. “Bukan ngediriin ekskul, tapi ngebantu Julia masuk kelas khusus?”. Julia tidak bekerja hingga malam karena dia dipaksa mengerjakan soal-soal oleh ke lima hari Julia bekerja dan belajar di Hilarious, sudah selama itu pula dia di cekoki berbagai macam soal untuk dikerjakan. Semua orang sibuk menyumbang soal sesuai dengan ke ahliannya. Akhirnya ke empat anak cowok itu berhasil memasukkan cewek itu kedalam kelas khusus. Kemudian ke empat cowok itu dan dibantu oleh dua orang cewek untuk mendirikan ekskul Sepak Bola di SMA Athens.

            Hari ini menjadi luar biasa bagi Sid, Rama, Lando, dan Cokie. Gozali tidak dating, jadi walaupun dating terlambat, ke empat anak itu tidak di hukum apa pun dan melenggang bebas ke dalam kelas. Sudah tiga hari Gozali tidak menampakkan diri saat pagi. Ke empat cowok itu membuat pertandingan persahabatan antar sekolah yang sudah lama tak pernah ada di Athens. Akhirnya, hari pertandingan dating juga. Setelah berlatih sampai malam dengan Zai dan teman-temannya, Sid, Lando, Cokie, dan Rama merasa sudah siap untuk bertanding dengan SMA 501. Walaupun tidak yakin latihan semalam bisa menang melawan pemenang liga SMA.

            Pertandingan itu berlangsung begitu lama. Gozali menatap pemandangan itu dari balik pohon. Semua ini terasa seperti deja Uu baginya. Gozali pernah merasakan rumput hijau itu, sorak-sorai itu, kegembiraan itu Gozali pernah merasakannya. Dan sekarang, setelah melihat anak muridnya bertanding dengan sungguh-sungguh demi sekolahnya, itu membuat Gozali tersadar. Selama ini ego telah membutakannya, bahwa trauma yang berkepanjangan itu sudah menggerogoti hatinya. Sekarang, setelah luka itu terobati, Gozali merasa lebih baik. Walaupun SMA Athens kalah dalam pertandingan melawan SMA 501, mereka semua tetap yakin tim Athens pas pada tahun depan. Sore itu akhirnya dihabiskan anak-anak dengan acara siram-menyiram. Hari itu menjadi hari bersejarah buat tim sepak bola Athens yang debutnya akan segera dimulai.

3comments :